Minggu, 05 April 2009

Tantangan Profesionalisme Marketing Bank Syariah

Oleh : http//alihozi77.blogspot.com

Perkembangan perbankan syariah di tanah air yang semakin cepat pada awal tahun
2009 ini yang ditandai dengan bertambahnya bank umum syariah yang baru dan
pembukaan cabang-cabang baru bank syariah yang sudah existing. Hal ini membuat
dunia perbankan syariah membutuhkan banyak sekali Sumber Daya Insani yang
handal yang tidak hanya memahami atau menguasai konsep dan tekhnik perbankan
syariah tetapi juga benar-benar menjalani prinsip – prinsip ekonomi syariah
dengan baik pada praktek bank syariah.

Kebutuhan SDI tsb yang agak sulit cepat terpenuhi adalah SDI Bagian Marketing,
hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu :
1. Bagian marketing merupakan bagian yang paling vital bagi bank syariah
karena bagian marketinglah yang mencari keuntungan untuk bank syariah melalui
penyaluran pembiayaan dan mendapatkan dana pihak ke III. Maka semua bank
syariah berlomba berusaha memenuhi kebutuhan SDI Marketing Bank Syariah.
2. Persaingan marketing bank syariah dengan marketing bank konvensional di
lapangan yang semakin ketat.
3. Keterbatasan SDI Marketing yang berpengalaman, pertambahan jumlah
cabang-cabang bank syariah tidak diimbangi dengan bertambahnya jumlah SDI
Marketing.
4. Pendidikan untuk bagian marketing bank syariah cukup memakan waktu yang
lama karena sebagian besar yang ikut pendidikan adalah yang baru lulus kuliah
(fresh graduate) yang belum mempunyai pengalaman di bagian marketing bank
syariah.

Untuk mengatasi masalah ini masing – masing bank syariah mempunyai strategi
sendiri, pada umumnya dengan mengadakan program Officer Development
Program.(ODP) yang mana pesertanya biasanya terdiri dari :
1. Fresh Graduate lulusan perguruan tinggi dari berbagai disiplin ilmu
2. Eks SDI Bank Konvensional
3. SDI Operasional Bank Syariah

Karena menunggu hasil lulusan ODP tsb cukup lama sekitar 3-6 bulan, maka ada
bank syariah yang merekrut SDI Marketing dari SDI Operasional bank syariah
non officer. Dan ternyata hasilnya bagus juga tidak kalah dengan lulusan ODP

Berdasarkan pengamatan di lapangan, SDI Marketing bank syariah yang non lulusan
ODP yang berhasil bersaing dengan SDI Marketing Bank Syariah hasil ODP adalah
SDI yang mempunyai semangat atau kemauan yang kuat untuk meningkatkan harga
jual mereka. Masalah nilai jual inilah yang disadari benar oleh para SDI
Marketing bank syariah non lulusan ODP. Karena bagi mereka marketing yang
professional bukanlah mencari uang tetapi membangun kemampuan untuk mencari
uang.

Mareka bersedia bekerja dengan gaji berapapun asalkan mereka mendapatkan ilmu
yang banyak, pengalaman beragam dan masalah dunia marketing bank syariah yang
berbeda setiap saat. Maka tidaklah heran banyak SDI Bank Syariah non lulusan
ODP yang setelah benar-benar menguasai dunia marketing bank syariah ia menjadi
seorang profesional yang berpenghasilan tinggi.

Berdasarkan uraian saya tsb yang berdasarkan pengamatan di lapangan, bagi para
SDI Bank Syariah siapapun orangnya yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti
program ODP di Bank Syariah tempatnya bekerja, harus terus meningkatkan
profesionalismenya di bank syariah khususnya profesionalisme di bagian
marketing bank syariah.

Begitu juga bagi SDI Marketing lulusan ODP agar tidak cepat berpuas diri dengan
pendidikan yang didapat , tetap harus terus meningkatkan profisonalismenya
dengan tetap semangat dan mempunyai kemauan kuat untuk terus belajar dan
mendapatkan pengalaman yang beragam di bank syariah sehingga nantinya akan
menjadi profesional sejati di bidang marketing bank syariah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar